Thursday, 8 November 2012

Virtual Reality vs Augmented Reality (6th topic article)

Di zaman yang serba canggih ini sudahlah tidak asing lagi, dengan semua keajaiban-keajaiban yang diciptakan oleh ilmu pengetahuan yang sudah sangat maju pesat. seperti hal yang akan dibahas kali ini, yaitu :
Virtual Reality vs Augmented Reality.

Pertama! apa sih Virtual Reality dan Augmented Reality sendiri.
Virtual Reality adalah istilah yang berlaku untuk komputer-simulasi lingkungan yang dapat mensimulasikan kehadiran fisik di tempat-tempat di dunia nyata, serta dalam dunia imajiner, sedangkan Augmented reality adalah, hidup secara langsung atau tidak langsung, pandangan lingkungan, fisik dunia nyata yang unsur-unsurnya ditambah dengan yang dihasilkan komputer seperti suara, video, gambar atau data GPS.

Virtual Reality
yaitu membawa hal-hal dalam dunia nyata masuk ke dalam dunia maya/dunia imajiner. seperti dapat dilihat di video berikut :

disini kita dapat seperti masuk ke dalam dunia maya sedangkan sebenar nya kita masih ada di dalam dunia nyata. teknologi inilah yang di masa mendatang akan menjadi pelopor bagi game-game, ilustrasi bagi pekerjaan, dan akan muncul di kehidupan sehari-hari manusia.

Virtual reality sering digunakan untuk menggambarkan berbagai macam aplikasi umumnya yang terkait dengan hal yang mendalam, sangat visual, dan dalam lingkup 3D. Pengembangan perangkat lunak CAD, grafis akselerasi hardware, kepala dipasang display, sarung tangan database, dan miniaturisasi telah membantu mempopulerkan gagasan ini. Dalam buku The Metafisika dari Virtual Reality oleh Michael R. Heim, tujuh konsep yang berbeda dari realitas virtual diidentifikasi: simulasi, interaksi, kepalsuan, perendaman, TelePresence, perendaman seluruh tubuh, dan komunikasi jaringan. Orang sering mengidentifikasi VR dengan menampilkan kepala dipasang dan pakaian data.

Augmented Reality 
sedangkan Augmented Reality sendiri berarti kebalikan dari Virtual Reality, yaitu membawa dunia maya ke dunia nyata. seperti pada video berikut :

kita dapat menggunakan beberapa Hardware atau perangkat yang dibutuhkan untuk membentuk suatu gambaran virtual yang kita inginkan. seperti pada hal nya pembuatan film yang menggunakan background hijau.

Contoh Augmented Reality
Diatas merupakan contoh dari augmented reality, dimana dengan menggantikan background sesungguhnya dengan layar hijau, kita dapat menggantikan layar hijau tersebut dengan background apa saja, seperti hal nya di atas. ini untuk memudahkan dalam shooting film, dimana kita tak perlu mencari background yang sesungguhnya, hanya dengan layar hijau tersebut kita bisa menggunakan komputer untuk mendapatkan hasil yang sama dengan aslinya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment